Pengelompokan Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah Menurut Indikator Sosial Ekonomi Menggunakan K-Medoids Clustering

Elvhira Rosiana Tirayo

Abstract


Kemiskinan, pembangunan manusia, pengangguran dan PDRB masih menjadi indikator utama yang digunakan pemerintah dalam mengukur tingkat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah. PDRB yang meningkat tiap tahunnya masih belum bisa menjadi tolak ukur satu-satunya dalam melihat kemajuan sosial ekonomi di Sulawesi Tengah. Tingkat kemiskinan Sulawesi Tengah yang masih berada di atas rata-rata nasional, IPM yang masih berada di urutan ke-26 secara nasional, serta tingkat pengangguran yang masih mengalami kenaikan pada tahun 2017 menggambarkan masih pentingnya perhatian pemerintah terhadap pencapaian indikator sosial ekonomi. Analisis pengelompokan kabupaten/kota menurut indikator sosial ekonomi sangat diperlukan. Pengelompokan tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan Analisis Cluster. Analisis cluster adalah metode statistik multivariat dimana objek penelitian diklasifikasikan berdasarkan pada karakteristik objek itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode K-Medoids Clustering. Metode ini dapat digunakan jika ditemukan adanya data outlier. Pada penelitian kabupaten/kota di Sulawesi Tengah dibagi menjadi 2 cluster. Indikator sosial ekonomi yang menjadi dasar pengelompokan adalah tingkat kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Terbuka, dan PDRB atas dasar harga berlaku. Cluster yang terbentuk membagi kabupaten/kota di Sulawesi Tengah menjadi dua kelompok yaitu wilayah yang memiliki indikator sosial ekonomi tinggi dan rendah. Diharapkan dengan hasil pengelompokan ini dapat bermanfaat bagi pengambilan kebijakan pemerintah guna mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera.


Keywords


Cluster; K-Medoids; Indikator Sosial Ekonomi;

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Parigi Moutong, “Analisis Indikator Sosial Kabupaten Parigi Moutong 2011-2017”, Parigi, 2018.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, “Beritas Resmi Statistik No. 21/04/72/Th.XXI”, 16 April 2018.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, “Beritas Resmi Statistik No. 54/11/72/Th.XXI”, 05 Nov 2018

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, “Beritas Resmi Statistik No. 05/02/72/Th.XXI”, 05 Februari 2018.

F. Anggadini, “ Analisis Pengaruh Angka Harapan Hidup, Anga Melek Huruf, Tingkat Pengangguran terbuka dan Pendapatan Domestik Regional Bruto Perkapita terhadap Kemiskinan pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi tengah Tahun 2010-2013”, eJournal Katalogis, Vol. 3 No.7, Juli 2015, pp. 40-49

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi tengah, “Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah 2014 – 2018”, Palu, September 2019.

S. Yulianto & K.H. Hidayatullah, “Analisis Klaster untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat”, Statistika, Vol. 2, No. 1, Mei 20014, Hal. 56-63.

V.A. P. Sangga, “Perbandingan Algoritma dan Algoritma K-Medoids dalam Pengelompokan Komoditas Peternakan di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015”, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2018.

N.M. Razali & Y.B. Wah, “Power of Comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Liliefors and Anderson-Darling Tests”, Journal of Statistical Modeling and Analysis, Vol 2 No.1, 21-33, 2011.

R.E. Sihombing, D. Rachmatin, J.A.Dahlan, “Program Aplikasi Bahasa R untuk Pengelompokan Objek Menggunakan Metode K-Medoids Clustering”, Jurnal EurekaMatika, Vol.7 No.1, 2019.

S. Wulandary, “Analisis Centroid Linkage Clustering untuk Pengelompokan Potensi Padi Berbasis Kewilayahan di Jawa Barat”, Seminar Nasional Statistika FMIPA Unpad, 2018.

L. Sunarya, “Analisis Klaster Menggunakan Algoritma K-Medoids”, Bandung: Universitas Padjadjaran, 2014.

A.C. Rencher & W.F. Christensen, “Methods of Multivariate Analysis”, Third Edition, John Willey &Sons, Inc, Hoboken, New Jersey, 2012.

J. Han Dan M. Kamber, “Data Mining: Concept and Techniques”, Waltham: Morgan Kauffman Publisher, 2006.

Vandanu Aditya Putra Sangga, Perbandingan Algoritma K-Means dan Algortma K-Medoids Dalam Pengelompokan Komoditas Peernakan Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, Universitas Islam Indonesia, 2018

Anja Struyf, Mia Hubert, Peter J. Rousseeuw, (Feb, 1997), “Clustering in an ObjectOriented Environment, Journal od Statistical Software”, Vol. 1, Issue 4

Badan Pusat Statistik, “Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia”, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS