Peramalan Curah Hujan di Kabupaten Bandung dengan SARIMA

Nabilah Astiarini, Resa Septiani Pontoh, Soemartini Soemartini

Abstract


Curah hujan merupakan salah satu unsur iklim yang dapat berpengaruh kepada bidang pertanian. Kabupaten Bandung sebagai kawasan agraris mengalami kendala dalam pertanian yang diakibatkan oleh perubahan pola dan intensitas curah hujan, seperti terjadinya kekeringan dan banjir. Hal tersebut tentunya dapat mengancam produksi pertanian yaitu kegagalan panen. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meramalkan curah hujan di Kabupaten Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan model peramalan dari curah hujan dengan periode bulanan sehingga dapat diketahui kapan terjadinya bulan kering dan bulan bulan basah. Data yang digunakan adalah data curah hujan bulanan dengan periode waktu Januari 2012 sampai Juni 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model SARIMA, yaitu pengembangan dari model ARIMA yang dapat mengakomodasi adanya pola musiman pada data curah hujan. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh model terbaik dengan nilai AIC terkecil yaitu ARIMA(2,1,0)(0,1,2)12. Hasil peramalan model terbaik dapat digunakan untuk mengetahui terjadinya bulan kering dan bulan basah sehingga dapat dijadikan referensi bagi dinas pertanian dan petani setempat untuk antisipasi terjadinya masalah yang merugikan pertanian serta penetapan pola tanam yang baik.


Keywords


Curah hujan; peramalan; musiman; SARIMA;

Full Text:

PDF

References


Julismin, “Dampak dan Perubahan Iklim di Indonesia,” pada Jurnal Geografi Vol. 5, No.1, 2013.

Wahid, H., Usman, “Analisis Karakteristik dan Klasifikasi Curah Hujan di Kabupaten Polewali Mandar,” pada Jurnal Sainsmat, Vol. VI (1), 2017.

Dwiratna N.P.S., Nawawi, G. dan Asdak, C, “Analisis Curah Hujan dan Aplikasinya dalam Penetapan Jadwal dan Pola Tanam Pertanian Lahan Kering di Kabupaten Bandung,” pada Bionatura-Jurnal Ilmuilmu Hayati dan Fisik Vol.15, No.1, 2013.

Mutmainnah, “Perbandingan Metode SARIMA dan Exponential Smoothing Holt-Winter dalam Meramalkan Curah Hujan di Kota Makassar”, Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar, 2019.

Makridakis, Spyros, Wheelwright, dan Victor E, McGee. (Alih bahasa Ir. Hari Suminto), “Metode dan Aplikasi Peramalan”, Jakarta: Binarupa Aksara, 1999.

Wei, William W.S, “Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods (2nd Edition)”, United States of America: Pearson Education, Inc., 2006.

Rosadi, D, “Analisis Runtun Waktu dan Aplikasinya dengan R,” Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS