Identifikasi Karakteristik Wilayah Sungai di Indonesia Menggunakan Principal Component Analysis Biplot

Mellyana Chandrawati, Irlandia Ginanjar, Restu Arisanti

Abstract


Indonesia adalah negara dengan sumber daya air terbesar kelima di dunia. Namun, sumber daya air yang melimpah tersebut tidak terdistribusikan secara merata sehingga dapat menyebabkan munculnya ancaman kekurangan air. Kemampuan masyarakat untuk menjaga keberlanjutan dalam pemenuhan
kebutuhan air dalam jumlah yang mencukupi dan mutu yang diterima disebut dengan ketahanan air. Pengelolaan sumber daya air di Indonesia dilaksanakan pada wilayah sungai dan setiap wilayah sungai tersebut memiliki keragaman kondisi. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat untuk menjaga ketahanan air di setiap wilayah sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik wilayah sungai di Indonesia berdasarkan indikator ketahanan air menggunakan metode Principal Component Analysis Biplot. Metode ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan posisi ???? buah objek dan ???? buah variabel dalam satu grafik berdimensi dua secara simultan dengan menguraikan matriks X menjadi tiga buah matriks. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan PCA Biplot, persentase keragaman data yang dapat dijelaskan dengan satu dimensi adalah sebesar 97,2709% artinya biplot yang dihasilkan dapat mewakili informasi-informasi yang terdapat pada data yang sebenarnya sehingga sangat memadai untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Kelompok 1 adalah wilayah sungai yang variabel pendayagunaan air untuk rumah tangga, perkotaan, industri, irigasi, peternakan, perikanan, debit air, dan jumlah tampungan bendung memiliki nilai di atas rata-rata. Kelompok 2 adalah wilayah sungai yang variabel koefisien variasi hujan antar tahun dan koefisien variasi hujan dalam tahun memiliki nilai diatas rata-rata.


Keywords


Principal Component Analysis Biplot; Karakteristik Wilayah Sungai; Ketahanan Air;

Full Text:

PDF

References


Radhika. Firmansyah R & Hatmoko W. 2017. Konsep Indikator Ketahanan Air Irigasi. Kongres Rapat Anggota Tahunan dan Seminar Nasional INACID. Jambi.

UN-Water. 2013. Water Security & the Global Water Agenda: A UN-Water Analytical Brief. Canada: United Nations University.

Justel A, Peña D & Zamar R. 1994. A Multivariate Kolmogorov-Smirnov Test of Goodness of Fit. Madrid.

Anderson TW. 2010. Anderson-Darling Test of Goodness-of-Fit. Stanford University.

Walpole RE & Myers RH. 1995. Ilmu Peluang Statistika untuk Insinyur dan Ilmuan. Fourth Edition. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Mattjik AA & Sumertajaya IM. 2011. Sidik Peubah Ganda. Bogor: IPB Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS