Identifikasi Karakteristik Daerah Berdasarkan Pemesanan Komoditi Perum Bulog Menggunakan Principal Component Analysis Biplot (Studi Kasus Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat)

Vania Syndi Salsabila, Titi Purwandari, Irlandia Ginanjar

Abstract


Pemesanan komoditi merupakan salah satu kegiatan komersil dari Perum Bulog Divre Jawa Barat yang menjual berbagai macam merk komoditi pangan, melalui perantara Rumah Pangan Kita. Perubahan kebijakan pada Perum Bulog membuatnya harus berfokus untuk meningkatkan keuntungan pada kegiatan komersil. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat berdasarkan pemesanan merk komoditi menggunakan Principal Component Analysis Biplot dengan Eigen Value Decomposition. Hasil analisis menunjukkan peta 3 dimensi yang dapat menjelaskan informasi sebesar 76.80%. Kabupaten Purwakarta dan Kota Bandung adalah kelompok Kabupaten/Kota yang memiliki pola pemesanan yang sama, dengan beras kita premium dan gula polos yang berasosiasi tinggi. Begitupun dengan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Karawang yang memiliki pemesanan beras polos, terigu kita dan minyak goreng kita yang berasosiasi tinggi. Kabupaten/Kota yang memiliki pemesanan daging kerbau polos dan daging kita yang berasosiasi tinggi yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Kuningan dan Kota Cirebon. Kemudian, Kabupaten/Kota yang memiliki pemesanan manis kita yang berasosiasi tinggi yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang.


Keywords


Principal Component Analysis Biplot; Eigen Value Decomposition; Penjualan Komoditi;

Full Text:

PDF

References


Jolliffe, I.T. 2002. Principal Component Analysis, 2nd Edition, Springer-Verlag New

Perum Bulog. 2018. .Laporan Tahunan Perum Bulog 2017. Jakarta: Perum Bulog.

Rencher, A.C. 2002. Methods of Multivariate Analysis, Second Edition. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Srinadi I.G.A.M, Sumadireja I. M. 2016. Analisis Biplot untuk Pemetaan Posisi dan Karakteristik Usaha Pariwisata di Provinsi Bali. Jurnal. Bali: Universitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS