PERAMALAN VOLUME PETIKEMAS MENGGUNAKAN MODEL ARIMAX (Studi Kasus PT Kereta Api Indonesia Relasi DAOP 1 Jakarta – DAOP 8 Surabaya)

Amalia Fitriana Rahmawati, Resa Septiani Pontoh, Achmad Bachrudin

Abstract


PT Kereta Api Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memiliki layanan angkutan barang dengan kemampuan untuk membawa kapasitas dengan jumlah besar. Kereta api petikemas merupakan kereta api barang jenis petikemas atau kontainer. PT Kereta Api Indonesia membutuhkan suatu prediksi atau peramalan terhadap volume petikemas untuk pengambilan keputusan mengenai penambahan atau pengurangan sarana prasarana seperti sumber daya manusia, gerbong, dan sarana prasarana lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model serta nilai ramalan volume petikemas relasi DAOP 1 Jakarta – DAOP Surabaya berdasarkan data historis dari bulan Januari 2014 sampai dengan Juni 2019. Berdasarkan data yang dimiliki, volume petikemas mengalami penurunan pada bulan-bulan saat terjadinya perayaan hari raya Idul Fitri yang berkaitan dengan efek variasi kalender pada data. Model ARIMAX merupakan model time series dengan menambahkan beberapa variabel eksogen ke dalam model yang dianggap memiliki pengaruh signifikan terhadap data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, model terbaik pada penelitian ini dalam model ARIMAX (1,0,1) ,D1,t,D3,t dengan nilai AIC sebesar 1300.257.


Keywords


peramalan; ARIMAX; Volume Petikemas; variabel dummy;

Full Text:

PDF

References


Rosadi, Dedi. 2012. Analisis Ekonometrika dan Runtun Waktu Terapan dengan R. Yogyakarta : Andi Offset

Wei, William.W.S. 2006. Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods Second Edition. New York: Pearson Addison Wesley


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS