OPTIMASI KUALITAS PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN FACTORIAL FRACTIONAL TAGUCHI

Enny Supartini

Abstract


Kualitas produk merupakan hal yang penting dalam bidang industri, oleh karena itu memperbaiki kualitas produk menjadi hal yang harus diutamakan, untuk itu perlu melakukan percobaan untuk mencari factor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kualitas produk tersebut, apabila percobaan tersebut melibatkan banyak factor bisa digunakan rancangan percobaan faktorial, tetapi rancangan ini akan membutuhkan waktu dan biaya yang banyak, untuk mengatasinya bisa digunakan fractional factorial sedangkan untuk efisiensinya digunakan Metode Taguchi yaitu dengan mereduksi factor-faktor yang digunakan tanpa menghilangkan informasi yang dibutuhkan yaitu dengan menggunakan alias, sehingga rancangan percobaan yang digunakan adalah fractional factorial Taguchi karena metode ini tidak hanya mampu melakukan efisiensi dalam melakukan percobaan tetapi juga robust terhadap noise. Hal ini diaplikasikan pada kualitas produk Dock Fender yang diproduksi oleh perusahaan X mempunyai nilai tensile strength 154.299 MPa, sedangkan menurut standar SNI adalah 162.5±2.5 MPa. Untuk memperoleh standar kualitas tersebut berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan fractional factoria Taguchi adalah kombinasi perlakuan dengan asam stearate sebesar 1 phr , zinc oxide sebesar 5 phr, silika dengan level tinggi yaitu impor (ultrasil) 20 phr, filler dengan level tinggi sebesar 3 phr, softener sebesar N550 40 phr dan accelerator dengan level residu.


Keywords


Fractional Factorial; Metode Taguchi; Alias; SNR;

Full Text:

PDF

References


Bisgaard,1991.”A Method for Identification Defining Contrasts for 2K-P Design”. Report Series No.72 ofCenter for Quality and Productivity Improvement, University of Wisconsin, Madison. 3:144

Box GEP, Hunter JS. 1961. The Fuction Factorial Design Part I, II Technometrics 3:3 11-14.

Ishak, Aulia. 2002. Jurnal “Rekayasa Kualitas”. Universitas Sumatera Utara, 2:124.

Montgomery. 2009, DC. Design and Analysis of Experiment, Seventh Edition, John Wiley & Sons Inc. Singapore. 5:177

Ravella. 2007. Jurnal “ Optimizing biogas Menggunakan rancangan FF Taguchi”.

Rahardjo, Jani. 2007, Skripsi “Perbandingan Metode 2k-pFractional Factorial Dengan Metode Taguchi Pada Proses Pembuatan Fiber Glass”.

Ross, J Phillip. Taguchi Techniqus for Quality Engineering, McGraw-Hill Book Company. Singapore. 2009. 5:122

Sauddin, Adnan. 2006. Tesis “Identifikasi Faktor Signifikan Rancangan Faktorial Fraksional Tanpa Pengulangan dengan Metode Bissell, Lenth, dan Fang”.

Sudjana. 2002. Desain dan Analisis Eksperimen, PT.Tarsito Bandung, Bandung. 3:117

Wawolumaja, Rudi. 2007. Jurnal “Perbaikan Kualitas Dock Fender Menggunakan Metode Taguchi Parameter Design pada PT AGRONESIA INKABA”. Bandung : Universitas Kristen Maranatha.

Wulandari, Triastuti. 2007. Jurnal “Metode Taguchi untuk Optimalisasi Produk Pada Rancangan Factorial”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS