Determinan Pemberian ASI Eksklusif oleh Ibu yang Bekerja di Provinsi Jawa Barat

Evi Octaviany

Abstract


Air susu ibu (ASI) eksklusif adalah nutrisi terbaik bagi bayi yang baru dilahirkan karena mampu memberikan asupan gizi yang lengkap dan cukup untuk tumbuh kembang bayi. Beberapa penelitian epidemiologis menyatakan bahwa ASI melindungi bayi dari penyakit infeksi, misalnya diare, otitis media, dan infeksi saluran pernafasan akut bagian bawah. Namun sayangnya dari hasil pemantauan status gizi disebutkan bahwa persentase bayi usia 0-6 bulan yang mendapat ASI eksklusif masih di bawah target pemerintah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor demografi dan sosial ekonomi, seperti umur ibu, tingkat pendidikan, jenis kelamin bayi, jumlah jam kerja, akses terhadap internet, klasifikasi wilayah tempat tinggal, dan sektor pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan pemberian ASI eksklusif oleh ibu yang bekerja di Provinsi Jawa Barat. Pada penelitian ini digunakan data Survei Sosial Ekonomi (SUSENAS) Tahun 2017 dengan unit analisis sejumlah 442 orang ibu bekerja umur 15-49 tahun yang memiliki bayi umur 7-23 bulan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial. Uji statistik inferensial yang digunakan adalah Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menunjukkan presentase pemberian ASI eksklusif sebesar 56,3 persen. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel tingkat pendidikan, sektor pekerjaan, dan jenis kelamin bayi dengan pemberian ASI eksklusif oleh ibu yang bekerja di Provinsi Jawa Barat.


Keywords


ASI eksklusif; ibu menyusui; Jawa Barat; pendidikan; ibu bekerja;

Full Text:

PDF

References


Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2014). Situasi dan Analisis ASI Eksklusif 1-7 Agustus Pekan ASI Nasional. Jakarta Selatan: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Roesli, Utami. (2000). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Niaga Swadaya.

Kramer, Michael S & Ritsuko K. (2004). Protecting Infants Through Human Milk dalam (Pickering, dkk (Eds). The Optimal Duration of Exclusive Breastfeeding A Systematic. New York: Springer, 63-77.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 138-139.

________. (2016). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 144-145.

________. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 161-163.

Fikawati, Sandra dan Ahmad Syafiq. (2010). Kajian Implementasi dan Kebijakan Air Susu Ibu Eksklusif dan Inisiasi Menyusui Dini di Indonesia. Makara, Kesehatan, 14, 17-24.

Haku, Mari. (2007). Breastfeeding: factors associated with the continuation of breastfeeding, the current situation in Japan, and recommendations for further research. The Journal of Medical Investigation, 54, 1-11.

Destyana, Riche Mia, Dudung Angkasa, dan Rachmanida Nuzrina. (2018). Hubungan Peran Keluarga dan Pengetahuan Ibu Terhadap Pemberian ASI di Desa Tanah Merah Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Human Nutrition, 1-10.

Wiknjosastro, H. (2005). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Arifiati, Nurce. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi diKelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon. Prosiding Seminar Nasional IKAKESMADA “Peran Tenaga Kesehatan dalan Pelaksanaan SDGs”, 129-135.

Idris. (1992). Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: PT. Angkasa.

Widiyanto S. et al. (2012). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu tentang ASI Eksklusif dengan Sikap terhadap Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 1, 25-29

Haryono, R., & Setianingsih, S. (2014). Manfaat ASI Eksklusif Untuk Buah Hati Anda. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Muyassaroh, Yanik, Rizky Amelia, dan Komariyah. (2018). Faktor Penghambat Pemberian ASI

Eksklusif pada Ibu Bekerja di Kota Blora. Jurnal Kebidanan, 8, 10-21.

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia.

Al Ghwass, Mohamed dan Dalia Ahmed. (2011). Prevalence and Predictors of 6-Month Exclusive Breastfeeding in a Rural Area in Egypt. Breastfeeding Medicine, 6(4), 191-196.

Dwiani, Arvi, Suci Destriatania, Rini Mutahar. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Dempo Palembang Dan Puskesmas Simpang Timbangan Ogan Ilir 2012. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5, 9-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS