Model SARIMA Dalam Jumlah Penumpang Di Bandara Soekarno-Hatta Pada Penerbangan Internasional

Soemartini Soemartini

Abstract


Setiap tahun kebutuhan menggunakan transportasi semakin meningkat hal itu juga mempengaruhi jumlah penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri baik untuk liburan, menuntut ilmu di negara lain, ataupun hal lainnya, dan pesawat terbang merupakan transportasi utama untuk hal ini. Indonesia sendiri mempunyai beberapa bandara utama yang digunakan untuk penerbangan internasional, salah satunya adalah Bandara Soekarno Hatta, yang memiliki jumlah keberangkatan penumpang pada penerbangan internasional yang tertinggi di Indonesia setiap bulannya. Penelitian ini mengaplikasikan metode dalam meramalkan data time series yang berupa data musiman.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA), yang merupakan gabungan dari proses Autoregressive (AR) Musiman dan Moving Average (MA) Musiman. Peramalan diperlukan untuk mengetahui jumlah keberangkatan penumpang di bandara tersebut di bulan-bulan yang akan datang dengan menggunakan metode Seasonal Autoreggressive Integrated Moving Average (SARIMA). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data jumlah penumpang pesawat per bulan di bandara Soekarno Hatta pada bulan Januari tahun 2015 sampai dengan bulan Agustus tahun 2018. Dengan menggunakan metode SARIMA akan dilihat model dari persamaannya. Model SARIMA yang terbaik adalah ARIMA ( 0,1,1)(0,1,0)12


Keywords


AR musiman; MA musiman; SARIMA; dan stasioner;

Full Text:

PDF

References


Hanke ,J.E .and Winchern, ,D.W. 2005 . Business Forecasting Eight Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Box, G.E. dan Jenkins, G.M. 1994. Time Series Analysis Forecasting and Control. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Wei, William W.S.2006 Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods (2nd Edition) United State of Amirica : Pearson Education ,Inc.

Rosadi,D. 2014. Analisis Runtun Waktu dan Aplikasinya dengan R. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Makridakis ,S,dkk.(Alih bahasa Ir. Untung Sus Andriyanto M.Sc dan Ir.Abdul Basith, M.Sc) .1991. Metode dan Aplikasi Peramalan.

bps.go.id//data penumpang –bandara-soekarno-hatta tahun 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS