ANALISIS AKURASI DIAGRAM KENDALI DENGAN OUTLIER REMOVAL (Studi Kasus : PROSES PRODUKSI TINTA PT. EPSON Batam)

Yuyun Hidayat, Yeny Krista Franty, Alvionita Alvionita

Abstract


PT EPSON Batam selalu menjadikan kualitas dan pelayanan terhadap produk sebagai prioritas utama. Salah satu barang yang diproduksi adalah tinta dimana pengawasan kualitas tinta dilakukan dengan membentuk diagram kendali. Dalam pengamatan yang dilakukan selama periode 1 April 2014 sampai 7 Juli 2014 terdapat 14 pengamatan yang out of control, namun setelah dilakukan chamber diperoleh hasil bahwa 14 pengamatan tersebut masih dalam control perusahaan. Hal ini menunjukkan adanya false alarm atau pernyataan out of control palsu yang diberikan oleh diagram kendali tersebut. Kualitas tinta ini ditentukan oleh lima karakteristik sehingga bersifat multivariate, sedangkan diagram kendali yang dibentuk oleh PT EPSON Batam merupakan diagram kendali univariat. Oleh karena itu diduga diagram kendali yang tepat adalah diagram kendali T2 Hotelling. Selain itu analisa untuk diagram kendali pada dasarnya digunakan pada data yang berdistribusi normal akan tetapi dalam kenyataannya data yang dimiliki tidak berdistribusi normal sehingga diduga teorema Chebyshev untuk diagram kendali T2 Hotelling bebas distribusi dapat diterapkan. Diagram kendali yang dibangun tanpa data outlier [outlier removal] kemudian dievaluasi menggunakan ukuran akurasi G-index.

Keywords


kualitas; false alarm; multivariat; teorema Chebyshev; diagram kendali T2 Hotelling bebas distribusi; tingkat akurasi diagram kendali; G-index; Outlier;

Full Text:

PDF

References


Barnett, V and Lewis, T. 1980. Outlier in Statistical Data. New York: John Wiley and Sons.

Deming, W. E. 1982. Out of Crisis. Cambridge: Massachussetts Institute of Technology.

Dubrin, A. J and Ireland, R. D. 1993. Management and Organization (2nd ed). USA: South-Western Publishing Co.

Guilford, J. P. 1956. Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: McGrawâ€Hill Book.

Guiltinan, Joseph P dan Gordon, Paul, Alih Bahasa Agus Maulanan, 1992. Manajemen Pemasaran : Strategi dan Program. Jakarta : Erlangga.

Johnson, A. R. and Wichern, D. W. 2002. Applied Multivariate Statistical Analysis 5th. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran Jilid I, Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Mardia, K. V. 1970. Measures of Multivariate Skewness and Kurtosis with Applications. Biometrika. Vol. 50: 519â€530.

Mason, Robert L. and Young, John C. 2002. Multivariate Statistical Process Control with Industrial Application. Philadelphia: ASAâ€SIAM University City Science Centre.

Maulidiani, Mely. 2012. Penggunaan Statistical Process (SPC) Multivariat untuk Keterlambatan Perjalanan Kereta Api Penumpang di Wilayah Daerah Operasi II Bandung PT Kereta Api Indonesia (Persero). Universitas Padjadjaran: Jatinangor.

Montgomery, D. C. 2009. Statistical Quality Control A Modern Introduction Sixth Edition. New York: John Wiley & Sons, inc.

Morrison, D. F. 2005. Multivariate Statistical Methods Fourth Edition. The Wharton School University of Pennsylvania.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS