NORMAL COST PADA PENSIUN NORMAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN OPTIMALISASI RATE OF RETURN ASET INVESTASI (Studi Kasus di Dana Pensiun Telkom)

Gemasha Yussavel Navis, Anna Chadidjah, Gatot Riwi Setyanto

Abstract


Pengelolaan dana pensiun melibatkan iuran yang harus dibayarkan oleh peserta pensiun dan manfaat pensiun yang akan diterima peserta saat memasuki masa pascakerja. Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) merupakan program pensiun dengan ketetapan nilai manfaat pensiun ditentukan terlebih dahulu sedangkan iuran yang dibayarkan peserta dengan mempertimbangkan suku bunga konstan dan kenaikan gaji pertahun akan disesuaikan dengan jumlah manfaat yang akan diterima. Perhitungan iuran yang didasari oleh nilai suku bunga yang bersifat konstan dianggap kurang sesuai dengan kondisi suku bunga acuan yang terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, muncul pertimbangan untuk menggunakan Rate of Return aset investasi yang bersifat fluktuatif dalam menghitung iuran yang harus dibayarkan oleh peserta pensiun. Hal ini didasari oleh akumulasi iuran yang dibayarkan peserta akan dikelola oleh perusahaan kedalam bentuk portofolio kelompok aset investasi yang terdiri dari Kas, EPT, Saham Publik, Saham Non Publik dan Properti. Pada penelitian ini, Rate of Return yang dimaksud adalah Rate of Return yang dihasilkan dari portofolio optimal. Portofolio optimal aset dibentuk dengan menentukan proporsi optimal untuk kelima jenis aset. Pada aset Saham Publik, dibentuk portofolio optimal untuk menyeleksi saham-saham dengan tingkat pengembalian terbaik. Portofolio optimal kelompok aset dan portofolio optimal aset Saham Publik dibentuk menggunakan Constant Correlation Model sehingga akan didapatkan Rate of Return yang bersifat optimal. Estimasi nilai Rate of Return optimal dihitung menggunakan pendekatan Model Ho-Lee yang secara teori tidak mengadopsi mean reversion level. Nilai iuran peserta dihitung menggunakan Accrued Benefit Cost Method dengan melibatkan optimalisasi Rate of Return keseluruhan aset investasi


Keywords


Constant Correlation Model; Rate of Return; Model Ho-Lee; Accrued Benefit Cost Method; iuran peserta;

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh, Yogyakarta: BPFE UGM.

Fahmi, I, Hadi, YL. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Elton, Edwin J., dan Gruber, Martin J. 1994. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis (9thed.). New York: John Wiley & Sons.

Grant, Dwight and Vora, Gautam. 1999. Analitical Implementation of The Ho and Lee Model for Short Interest Rate. Global Finance Journal 14(2003) 19-47.

Bowers, N.L. 1997. Actuarial Mathematics, 5th ed. Illinois: The Society of Actuaries.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS