Penerapan Analisis Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Air Bersih dan Sanitasi di Indonesia

Rahmi Lathifah Islami

Abstract


Air dan sanitasi merupakan bagian fundamental bagi setiap manusia untuk bertahan hidup dan menjaga kesehatannya, dan karenanya juga harus dipandang sebagai elemen utama dalam pemenuhan hak kepada standar hidup yang layak sehingga hal tersebut menjadi tujuan ke-6 dari Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian ini ditujukan untuk memetakan karakteristik provinsi di Indonesia berdasarkan faktor-faktor yang menunjang tujuan ke-6 dari SDGs. Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan analisis Multidimensional Scaling memperlihatkan bagaimana pengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan faktor-faktor yang menunjang tujuan ke-6 dari SDGs. Dari hasil pemetaan terdapat empat kelompok provinsi yang memiliki kemiripan antaranggotanya, tetapi berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok ke-1 menjadi prioritas pertama diperbaiki, kelompok ke-2 yang menjadi prioritas kedua untuk diperbaiki, kelompok ke-3 yang menjadi prioritas ketiga untuk diperbaiki dan kelompok ke-4 yang menjadi prioritas terakhir diperbaiki untuk mencapai tujuan ke -6 SDGs (air bersih dan sanitasi yang layak).


Keywords


Multidimensional Scaling; peta persepsi; SDGs; air bersih; sanitasi;

Full Text:

PDF

References


. Santono, Hamong, 1992. Air Bersih dan Sanitasi sebagai Kebijakan Sosial, Komunitas Indonesia untuk Demokrasi, Jakarta.

. Komnas HAM, Tujuan 6: Menjamin ketersediaan dan manajemen air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi semua. diakses di https://sdg.komnasham.go.id/sdgcontent/uploads/2017/04/Tujuan-6.pdf pada Oktober 2018.

. Alisjahbana, Arimda Salsiah dkk, 2018. Menyongsong SDGs Kesiapan Daerah-daerah di Indonesia, Universitas Padjadjaran, Bandung.

. Hair, J. F. Jr. 1995. Multivariate Data Analysis with Readings, 4th edition, Pearson Prentice-Hall, Madison.

. Johnson, R.A.; Wichern, D.W., 1992. Applied Multivariate Statistical Analysis, PrenticeHall Inc, New Jersey.

. Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Indonesia 2018, Badan Pusat Statistik, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS