Analisis Klaster dengan Metode k-means dalam Pengelompokan Negara Tujuan Ekspor Utama Sumatera Utara Berdasarkan Komoditas Unggulan

Deva Apriani Nurul Huda

Abstract


Kegiatan ekspor dan impor merupakan penggerak perekonomiaan negara yang peranannya semakin penting seiring dengan perkembangan globalisasi. Dari banyaknya negara tujuan ekspor dari Indonesia, klasifikasi diperlukan untuk kemudian dapat dijadikan dasar pertimbangan keputusan dan kebijakan yang akan diambil terkait dengan ekspor ke negara-negara tersebut. Penelitian ini berusaha untuk mengelompokkan negara-negara tujuan ekspor utama Sumatera Utara dengan mempertimbangkan karakteristik berupa nilai ekspor komoditas-komoditas unggulan dengan menggunakan analisis klaster non-hirarki metode k-means. Dari hasil analisis yang dilakukan, negara-negara tujuan utama ekspor Sumatera Utara dikelompokkan ke dalam empat klaster. Terlihat bahwa karakteristik ekspor Sumatera Utara ke Amerika Serikat paling berbeda dibandingkan negara-negara lainnya baik dalam hal jumlah maupun jenis komoditas.


Keywords


seminar; nasional; statistik; ekspor; analisis multivariat; analisis klaster;

Full Text:

PDF

References


Handoko, Jalu dan Sunaryo, Sony. Analisis Pengelompokan Negara-Negara Importir Produk Indonesia Berdasarkan Faktor Barang Industri. Jurnal Sains dan Semi Pomits, vol. 3 no. 2, pp. D-61–D-66, 2014.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2018. Statistik Perdagangan Luar Negeri Provinsi Sumatera Utara 2017. Medan: Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara.

Rencher, Alvin C., and Christensen, William F. 2012. Methods of Multivariate Analysis (Third Edition). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

M.S, Amir. 1990. Ekspor-Impor: Teori dan Penerapannya. Jakarta: PT Pusaka Binaman Presindo.

https://rpubs.com/ahmadhusain/355692


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS