ANALISIS KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA BARAT BERDASARKAN INDIKATOR IPM BERBASIS GENDER MENGGUNAKAN MANOVA

Titi Purwandari

Abstract


Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. IPM dibangun melalui tiga dimensi dasar yaitu dimensi umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan layak. Dimensi kesehatan diukur oleh angka harapan hidup waktu lahir, dimensi pengetahuan diukur oleh indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah, dimensi hidup layak diukur oleh indikator rata-rata besar pengeluaran per kapita. Gender digunakan untuk menjelaskan perbedaan peran perempuan dan laki-laki yang bersifat bawaan, ketidakadilan gender merupakan kondisi tidak adil akibat dari sistem dan struktur sosial. Keadilan gender dapat terjadi jika tercipta suatu kondisi dimana porsi dan siklus sosia l perempuan dan lakilaki setara, serasi, seimbang dan harmonis. Indeks pembangunan gender merupakan rasio indeks pembangunan manusia perempuan dengan indeks pembangunan manusia laki laki. Jika Indeks Pembangunan Gender sama dengan
Indeks Pembangunan Manusia, berarti tidak terdapat ketimpangan antara perempuan dan laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi mengenai performansi indeks pembangunan manusia laki laki dan indeks pembangunan manusia perempuan untuk kabupaten dan kota di Jawa Barat berdasarkan indikator kunci yaitu angka harapan hidup, rata rata lama sekolah, harapan lama sekolah, dan pendapatan per kapita. Hasil analisis menggunakan Multivariate Analysis of Variance menunjukan bahwa terdapat perbedaan performansi indeks pembangunan manusia laki laki dan indeks pembangunan manusia perempuan untuk kabupaten dan kota di Jawa Barat berdasarkan indikator kunci yaitu angka harapan hidup, rata rata lama sekolah, harapan lama sekolah, dan pendapatan per kapita.


Keywords


Indeks Pembangunan Manusia Berbasis Gender; Multivariate Analysis of Variance;

Full Text:

PDF

References


Hair,J.R.,Anderson R.E.,Tatham R.L.,Black W.C., Multivariate Data Analysis , Fifth Edition, Prentice Hall Inc,New Jersey, 1998).

https://www.bps.go.id., Indeks Pembangunan Manusia Laki Laki dan Perempuan Jawa Barat tahun 2014. Jabar.bps.go.id (10 Nopember 2015), “ Indeks Pembangunan Manusia Metoda Baru Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten / Kota Tahun 2010-2014 .

Johnson,R.A.,Winchern,D.W. , Applied Multivariate Statistical Analysis ,Third Edition , Prentice Hall Eaglewood , New Jersey, 1992

Rencher,A.C. , Methods of Multivariate Analysis , John Wiley , 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS