Analisis Cluster K-Means Untuk Mengelompokkan Status Gizi Remaja Di Kota Banda Aceh

Latifah Rahayu, Zurnila Marli Kesuma, Rasudin Rasudin

Abstract


Definisi remaja menurut WHO adalah masa di mana individu berkembang dari saat pertama kali menunjukkan tanda – tanda seksual sekundernya sampai saat ia mencapai kematangan seksual. Individu mengalami perkembangan, biologik, psikologik, dan sosiologik yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Gizi pada remaja dirasakan penting untuk diperhatikan mengingat masa remaja merupakan masa tumbuh kembang manusia menuju dewasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengelompokkan Kecamatan di Kota Banda Aceh berdasarkan status gizi remaja. Data yang digunakan adalah data survey gizi remaja Kota Banda Aceh tahun 2018 yang dilakukan di 9 (sembilan) Kecamatan di Kota Banda Aceh. Indikator yang digunakan dalam pengelompokan status gizi remaja adalah status gizi buruk, gizi kurang, gizi baik, gemuk dan obesitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dengan menggunakan empat klaster, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Raya dan Meuraxa berada pada klaster pertama, Kecamatan Kuta Alam, Baiturrahman dan Jaya Baru berada pada klaster kedua, Kecamatan Kuta Raja berada pada klaster ketiga, dan Kecamatan Syiah Kuala dan Lueng Bata berada pada klaster keempat.


Keywords


Klaster; status gizi; remaja;

Full Text:

PDF

References


Z. M. Kesuma and L. Rahayu, “Identifikasi status gizi pada remaja di kota Banda Aceh,” statistika, vol. 17, no. 2, pp. 63–69, 2017.

Windha Mega Pradnya Dguhita, “Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Status Gizi Balita,” Jurnal Informatika, vol. 15, pp. 160–174, 2015.

Umi Narimawati, metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif, teori dan aplikasi. Bandung: Agung Media, 2008.

Budi Santosa, Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

S Santoso, Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Ian H. Witten, Eibe Frank, Mark A. Hall, and Christopher J. Pal, data mining practical machine lerning tools and technique, 2nd edition. San Fransisco: Morgan Kaufmann, 2012.

Yudi Agusta, “K-Means penerapan, permasalahan dan metode terkait,” Jurnal Sistem dan Informatika, vol. 3, pp. 47–60.

Edmira Rivani, “Aplikasi K-Means Cluster untuk Pengelompokan Provinsi Berdasarkan Produksi Padi, Jagung Kedelai, dan Kacang Hijau Tahun 2009,” Jurnal Mat Stat Bisnis, vol. 10, p. 127, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© 2017-2020 | Hak Cipta Dilindungi | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran | Powered by OJS