Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2018-2020
Studi Kasus: Ruas Jalan Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.1234/snsa.v1i.282Keywords:
manajemen risiko, kecelakaan, lalu lintas, analisis deskriptifAbstract
Kecelakaan lalu lintas pada umumnya terjadi karena kondisi arus lalu lintas yang padat atau pun yang lengang, kecelakaan yang terjadi akibat dari faktor manusia itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisa manajemen risiko kecelakaan lalu lintas di Banda Aceh. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Berdasarkan data BPS, jumlah kendaraan tertinggi yang mengalami kejadian kecelakaan di Banda Aceh adalah jenis sepeda
motor sebesar 219.532 unit. Jumlah kejadian kecelakaan tertinggi yaitu pada tahun 2019 sebesar 719 kasus, dengan jumlah korban luka-luka pada tahun 2019 sebanyak 854 orang, dan jumlah kerugian materi pada tahun 2019 sebesar Rp 249.450.000. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia tertinggi yaitu pada tahun 2018 berjumlah 50 orang. Mengantuk saat berkendara merupakan penyebab kecelakaan yang sering terjadi dan termasuk dalam risiko kecelakaan sangat tinggi. Manajemen risiko yang harus dilakukan adalah apabila pengemudi berada dalam situasi ini, ada baiknya untuk menepi atau mencari tempat peristirahatan terdekat
Downloads
References
Adelaide, 2011, Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Purbaleunyi. Skripsi, Depok.
Adisasmita, Sakti Adji. 2011. Jaringan Transportasi: Teori dan Analisis. Graha Ilmu.
Ardianto, 2011, Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Badan Pusat Statistik. 2020. Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Serta Kerugiannya di Kota Banda Aceh. Katalog BPS: Badan pusat Statistik Banda Aceh.
Grime, 1987, Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Pengguna Jalur, dan Kecepatan Berkendara, Jurnal Berkala Epidemiologi, Universitas Airlangga, Surabaya.
Liputan6.com. (2 September 2019). 5 Penyebab Terjadinya Kecelakaan. https://www.liputan6.com/otomotif/read/4052918/5-penyebab-terjadinya-kecelakaan-mobil
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta.
Permanawati, Tyas., Sulistio, Harnen., Wicaksono, Achmad. 2010. Model Peluang Kecelakaan Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Pengendara (Studi Kasus: Surabaya, Malang dan Sragen). Jurnal Rekayasa Sipil. 4 (3). ISSN: 1978-5658. hlm: 185-194.
Popularitas.com. (19 November 2020). Honda Brio dan Mobil Polisi Tabrakan di Aceh Jaya, Satu Meninggal. https://www.popularitas.com/berita/honda-brio-dan-mobil-polisi-tabrakan-di-aceh-jaya-satu-meninggal/
Suraji, Aji., Tjahjono, Ngudi., Cakrawala, Muhammad., Effendy, Syahriar B. 2010. Indikator Faktor Manusia Terhadap Kecelakaan Sepeda Motor. Jurnal Transportasi. 10 (2). hlm: 125-134.
Soltani, Ali. 2017. Social and Urban Form Determinants of Vehicle Ownership; Evidence from a Developing Country. Transportation Research. A (96). pp: 90-100.
Undang-undang Republik Indonesia No. 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan.
Wiranto, dkk. 2014. Evaluasi Tingkat Kerawanan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Boyolali-Ampel KM 29+000-34+000. Jurnal Matriks Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Statistika Aktuaria | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.