Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Keaktifan Kuliah Mahasiswa Universitas Padjadjaran Periode 2021/2022

Authors

  • Fathin Rahma Aisyah Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Alda Auliya Cahya Permana Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • I Gede Nyoman Mindra Jaya Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.101

Keywords:

Pembelajaran Daring, Keaktifan Kuliah, Regresi Linear Berganda, Universitas Padjadjaran

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 menghantam berbagai sektor di Indonesia, salah satunya sektor pendidikan. Pada 24 Maret 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 yang mengharuskan proses pembelajaran menjadi dalam jaringan (daring). Awalnya, sistem pembelajaran daring merupakan solusi untuk melakukan pembelajaran di kondisi Covid-19. Tetapi, mulai timbul masalah selama pelaksanaan sistem pembelajaran daring, diantaranya yaitu pembelajaran tidak efektif, tugas yang menumpuk, kesehatan mental, dan kondisi internet, yang mana masalah-masalah tersebut diperkirakan dapat mempengaruhi keaktifan kuliah mahasiswa. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh dari pembelajaran daring terhadap keaktifan kuliah mahasiswa Universitas Padjadjaran periode 2021/2022. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari survei berupa kuesioner skala likert dengan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel independen pembelajaran daring berupa kualitas sarana, kualitas jaringan, kemampuan profesional dosen, dan kesulitan dalam mencari referensi materi dengan variabel dependen yaitu keaktifan kuliah mahasiswa. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, dapat disimpulkan variabel pembelajaran daring berpengaruh terhadap keaktifan kuliah mahasiswa Universitas Padjadjaran periode 2021/2022 baik secara simultan maupun parsial. Kemudian didapatkan nilai R Square sebesar 0.088, sehingga dapat dikatakan variabel pembelajaran daring memiliki pengaruh sebesar 8.8% terhadap keaktifan kuliah mahasiswa Universitas Padjadjaran periode 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ferazona, S.; Suryanti. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH LIMNOLOGI. Journal of Research and Education Chemistry (JREC), 2(2), 102-110.

Isnayni, M. Y.; Hermansyah, W. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN SISTEM DARING TERHADAP MAHASISWA TADRIS BIOLOGI DALAM MEMAHAMI MATERI MATA KULIAH BIOKIMIA. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 23-28.

Rifa’ie, Muhammad. (2020). FLEKSIBILITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 197-209. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1605

Purwanto, Agus, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling Universitas Muhammadiyah Enrekang, 2(1), 1-12.

Alchamdani, Alchamdani; Fatmasari; Anugrah, E. R.; Sari, N. P.; Putri, Freddrika; Astina, Astina. (2020). THE IMPACT OF COVID19 PANDEMIC ON ONLINE LEARNING PROCESS IN THE COLLEGE AT SOUTHEAST SULAWESI. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1), 129-136. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136

Mahdy, M. A. A. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on the Academic Performance of Veterinary Medical Students. Frontiers in Veterinary Science, 7. https://dx.doi.org/10.3389%2Ffvets.2020.594261

Daulay, Nurussakinah; Hendriani, Wiwin; Nur, Haerani; Haque, S. A. (2021). Homeschooling Implementation: Indonesian Parents' Experience During The COVID-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 242-252. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.390

Browning, M. H. E. M., dkk. (2021). Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven states in the United States. PLoS ONE, 16(1), e0245327. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327

Muhadir. (2021). ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI MIN 19 ACEH SELATAN. Skripsi UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY, 1-54.

Creswell, John, 1994, Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, London: SAGE Publications

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mudrajad Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 4. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Rahma Aisyah, F. ., Auliya Cahya Permana, A. ., & Gede Nyoman Mindra Jaya, I. . (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Keaktifan Kuliah Mahasiswa Universitas Padjadjaran Periode 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 36. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.101