Analisis Kepuasan Pelanggan yang Berdomisili di Jawa Barat Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Jasa Ekspedisi

Authors

  • Riza Fazhriansyah Hermawan Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Ghina Senjaningsih Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Resa Septiani Pontoh Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.103

Abstract

Terjadi peningkatan frekuensi masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat dalam berbelanja secara daring seiring dengan berkembangnya teknologi di bidang ekonomi. Kejadian ini dikarenakan semakin maraknya fenomena berbelanja secara daring di kalangan masyarakat sehingga perusahaan penyedia layanan jasa ekspedisi makin banyak digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada masyarakat yang melakukan transaksi jual beli secara daring tentang kualitas dari pelayanan perusahaan jasa ekspedisi serta sebagai acuan pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi para penyedia jasa ekspedisi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi untuk melihat seberapa besar pengaruh dari variabel yang mempengaruhi terhadap kualitasnya. Data untuk penelitian ini didapatkan dengan metode pengumpulan data primer dalam bentuk survey dengan masyarakat Jawa Barat sebagai sasarannya. Hasil dari penelitian ini ditemukan variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perusahaan jasa ekspedisi adalah “kecepatan ekspedisi” sehingga para penyedia dapat lebih memperhatikan kembali kecepatan ekspedisinya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermawan, Iwan.(2019). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN MIXED METHOD. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan

Notoatmodjo.(2014). Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Rangkuti, Freddy.(1997). Riset Pemasaran. (Cetakan ke-1). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Penerbit Kencana

Sudjana.(2005). METODA STATISTIKA. Bandung: PT TARSITO Bandung.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Fazhriansyah Hermawan, R. ., Senjaningsih, G. ., & Septiani Pontoh, R. . (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan yang Berdomisili di Jawa Barat Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Jasa Ekspedisi. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 38. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.103