Dampak Pandemi Terhadap Minat Baca Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Authors

  • Muhammad Rhafi Ahdian Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Ferdiyanto Valentino P.M. Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • I Gede Nyoman Mindra Jaya Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.107

Keywords:

Pandemi Covid-19, Minat baca, Uji tanda, Mahasiswa

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan berbagai kegiatan dirumahkan untuk meminimalisir penyebarannya. Keadaan tersebut ditakutkan menjadi penghalang penduduk Indonesia dalam upaya peningkatan minat baca, salah satunya menyebabkan beberapa perpustakaan melakukan pembatasan pengunjung bahkan ada beberapa perpustakaan yang tidak membuka layanan. Selain itu, pandemi Covid-19 juga menyebabkan sarana pembelajaran ditutup sementara hal ini menyebabkan hilangnya kontrol tenaga pengajar terhadap aktivitas membaca anak didiknya. Hal ini, menarik perhatian kami untuk meneliti apakah dampak pandemi yang membuat hampir seluruh kegiatan menjadi daring ini berdampak terhadap minat baca mahasiswa atau tidak. Data yang digunakan oleh peneliti merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survei terhadap mahasiswa aktif Universitas Padjadjaran. Peneliti menggunakan uji tanda terhadap data yang telah dikumpulkan. Dari hasil analisis serta uji yang telah dilakukan didapati bahwa tidak terjadi peningkatan minat baca terhadap mahasiswa dengan adanya pandemi, dilihat dari banyaknya bacaan yang dibaca, waktu dalam menyelesaikan satu bacaan, dan lama waktu yang dialokasikan untuk membaca mahasiswa Universitas Padjadjaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siregar, A. Ridwan, 2004. Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan : Universitas Sumatera Utara

Darmono. 2001. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2014, pp.73.

Azwar, Saifuddin. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 79-95. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/572

Devega, Evita. (2017). Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Retrieved October 25, 2021, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Aqladiva Laska Purwita, A. D. (2020). Pengelompokkan 34 Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Kemiskinan Tahun 2020 Menggunakan Multidimensional Scaling dan K-Medoids Clustering. 1-5.

Aprilina, Rindy., dkk. 2013. "Statistika Non-Parametrik dengan Metode Uji Tanda", slideshare.net/RindyArini/metode-uji-tanda, diakses pada 27 Oktober 2021 pukul 09.45

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Rhafi Ahdian, M. ., Valentino P.M., F. ., & Gede Nyoman Mindra Jaya, I. . (2021). Dampak Pandemi Terhadap Minat Baca Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 42. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.107