Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Angka Putus Sekolah di Indonesia

Authors

  • Tami Nur Herawati Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Ananda Fitri Namira Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Toni Toharudin Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.109

Keywords:

covid-19, putus sekolah, uji wilcoxon

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak dampak yang berarti terhadap beberapa aspek kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan di Indonesia. Beberapa kebijakan pemerintah yang diambil seperti halnya pembelajaran jarak jauh yang diterapkan secara nasional berpengaruh terh adap meningkatnya angka putus sekolah di Indonesia. Angka putus sekolah merupakan hal yang cukup sensitif mengingat pendidikan merupakan fondasi dan aset terbesar dalam sebuah negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pandemi Covid-19 terhadap angka putus sekolah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan melihat data angka putus sekolah pada tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 setiap provinsi di Indonesia. Analisis yang digunakan adalah uji wilcoxon untuk menguji signifikansi perbedaan angka putus sekolah sebelum dan sesudah adanya Covid-19, dengan alpha 5% diperoleh hasil bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 berdampak terhadap meningkatnya angka putus sekolah di Indonesia. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini bisa menjadi acuan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan yang lebih mutakhir. Sehingga, setiap lapisan masyarakat di Indonesia bisa tetap mengenyam pendidikan dalam kondisi apapun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azevedo, J. P., Hasan, A., & Goldemberg, D. (2020). Simulating the Potential Impacts of COVID-19 School Closures on Schooling and Learning Outcomes: A Set of Global Estimates. Policy Research Working Papers, 32.

Bappenas. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. Jakarta: Bappenas.

Sunengsih, N., & N, T. N. (2015). Bahan Ajar Statistika Nonparametrik.

Yasmin, P. (2021, Februari 5). ttps://news.detik.com/berita/d-5361656/risiko-learning-lossmenghantui-peserta-didik-di-masa-pandemi. Retrieved from news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5361656/risiko-learning-loss-menghantui-peserta-didik-di-masapandemi

Gumilar, M. G., Istiqlalia, L., & Kharisma, V. A. (2019). Modul Praktikum Statistika Induktif (Uji Wilcoxon,Independent Test, dan Dependent/Paired Test). Yogyakarta.

Maths Resources. (2016, Desember). Shapiro-Wilk Test for Normality. [Video]. https://www.youtube.com/watch?v=vo9DssNQA4E diakses pada 15 Oktober 2021

Razali, Nornadiah M., & Wah, Yap B. (2011). Power Comparisons of Shapiro-Wilk, KolmogorovSmirnov, Liliefors and Anderson-Darling Tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2, 21-33

rpubs.com/databee/databeeujiwilcoxon. (2020, 12 13). Retrieved from rpubs.com: https://rpubs.com/databee/databeeujiwilcoxon

Rudianto, D., Putri, N. N., Said, M., Anjani, J. M., Erliyani, F., & Muliawati, T. (2020). Pengaruh Hubungan E-learning Dalam Mata Kuliah MAFIKI di Institut Teknologi Sumatera Menggunakan Metode Wilcoxon. Indonesian Journal.

Sudjana. (2013). Metoda Statistika (Edisi Ketujuh). Bandung: Tarsito.

Zady, M. F. (n.d.). westgard.com/lesson38.htm. Retrieved from westgard.com: https://www.westgard.com/lesson38.htm

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Nur Herawati, T. ., Fitri Namira, A. ., & Toharudin, T. . . (2021). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Angka Putus Sekolah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 45. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.109