Analisis Pemetaan Keterampilan TIK pada Jenjang Pendidikan Menengah di Indonesia

Authors

  • Arum Putri Juniarsih Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Enrisa Alyaa Budisantoso Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Resa Septiani Pontoh Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.110

Keywords:

pemetaan, keterampilan, TIK, analisis spasial, pendidikan menengah atas

Abstract

Di era digital ini, generasi milenial sangat membutuhkan keterampilan TIK untuk dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi yang terus berkembang. Namun pada kenyataannya, keterampilan TIK di Indonesia terlihat masih belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran dari generasi milenialnya sendiri dan berbagai pengaruh eksternal, seperti sarana prasarana yang masih minim dan SDM pendukung yang masih terbilang lemah. Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil masih banyak yang merasa asing dengan keterampilan TIK. Hal ini menunjukkan belum meratanya sarana dan prasarana serta SDM penunjang yang ada pada beberapa daerah di Indonesia sehingga hanya kota-kota besar saja yang memiliki sarana dan prasarana serta kualitas SDM yang memadai. Namun, hingga kini belum diketahui bagaimana kondisi perkembangan keterampilan TIK di Indonesia khususnya pada generasi milenial. Dengan dilakukannya analisis pemetaan keterampilan TIK pada jenjang pendidikan menengah ke atas di Indonesia, maka dapat diperoleh informasi mengenai pemetaan keterampilan TIK dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana serta kualitas SDM di daerah terpencil, sekaligus dapat memberikan masukan terhadap upaya peningkatan kegiatan belajar mengajar khususnya di bidang TIK. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Untuk melihat bagaimana penyebaran keterampilan TIK di Indonesia khususnya pada jenjang pendidikan menengah ke atas, maka dilakukan analisis pemetaan dengan menggunakan metode analisis spasial. Berdasarkan hasil analisis spasial maka diperoleh kesimpulan bahwa pemetaan keterampilan TIK pada jenjang pendidikan menengah ke atas di indonesia masih belum merata dan cenderung terpusat pada provinsi tertentu dengan alpha 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lee, J., & Wong, D. W. S. W. (2000). GIS and Statistical Analysis with ArcView. John Wiley & Sons, Inc., New York, USA; 2001.p. 192.

Mitchell, A. (2005). The ESRI Guide to GIS Analysis, Volume 2: Statistical Measurements and Statistics.

Rika H, Muhamad Y., Analisis Pola Spasial Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Bandung Menggunakan Indeks Moran, Oktober 2017.

Triastuti Wuryandari1 , dkk., Identifikasi Autokorelasi Spasial Pada Jumlah Pengangguran Di Jawa Tengah Menggunakan Indeks Moran, Juni 2014.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Putri Juniarsih, A. ., Alyaa Budisantoso, E. ., & Septiani Pontoh, R. . (2021). Analisis Pemetaan Keterampilan TIK pada Jenjang Pendidikan Menengah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 44. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.110