Persepsi Mahasiswa Terhadap Positioning Smartphone Berdasarkan Alasan Pembelian

Authors

  • Adi Setiawan Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Akdis Setiawan Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.71

Keywords:

MDS, Positioning, Atribut, Smartphone

Abstract

Smartphone merupakan telepon genggam yang memiliki tingkat kemampuan yang tinggi. Smartphone berkembang sangat cepat dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Perkembangan tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat berbagai pertimbangan dalam membeli smartphone, karena ada banyak atribut atau fitur-fitur yang dimiliki smartphone sekarang. Perusahaan Smartphone tentu perlu mengetahui kebutuhan dari setiap konsumennya agar penjualan smartphone menjadi tepat sasaran dan maksimal. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya penelitian mengenai persepsi konsumen terhadap alasan pembelian smartphone. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Negeri Yogyakarta (FMIPA UNY) terhadap positioning smartphone berdasarkan alasan pembelian menggunakan multidimensional scaling . Berdasarkan hasil dari metode multidimensional scaling didapatkan nilai Stress sebesar 0.0000439 untuk merek dan 0.04 untuk atributnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa reduksi dimensi dapat dilakukan dengan baik. Diperoleh smartphone merek Vivo dan Xiaomi yang memiliki banyak kesamaan alasan pembelian, seperti kapasitas penyimpanan, ukuran Random Access Memory (RAM), tampilan yang menarik, ukuran layar, ergonomis, kualitas warna dan kecerahan (resolusi), dan kepuasan pengguna. Akan tetapi merek Samsung dan Oppo berbeda dengan Vivo dan Xiaomi, mahasiswa FMIPA UNY lebih mempertimbangkan pada tingkat kompatibel terhadap aplikasi social media, kompatibel terhadap aplikasi meeting secara daring, dan jaringan 4G. Mereka juga diduga kurang tertarik terhadap Iphone, dikarenakan alasan pembeliannya yang cenderung semua merek memiliki fitur tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Intan Trivena Maria Daeng, N. . Mewengkang, and E. R. Kalesaran, “91161-ID-penggunaansmartphone-dalam-menunjang-ak,” e-journal “Acta Diurna,” vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2017.

I. Rahmayani, “Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia,” https://kominfo.go.id/, 2018. .

D. Sutrisman, Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan dan Mahasiswa. Guepedia, 2018.

H. B. Persepsi, U. Sumatera, L. Lubis, and S. Komala, “Penerapan Metode Multidimensional scaling dalam Positioning Kartu,” 2018.

D. S. Putri, S. Wahyuningsih, and D. R. Goejantoro, “Analisis Positioning dengan Menggunakan Multidimensional Scaling Nonmetrik (Studi Kasus :Data Persepsi dan Preferensi Konsumen Berdasarkan Merek Smartphone di Samarinda, Kalimantan Timur) Positioning Analysis using

Multidimensional Scaling Nonmetric (Case,” J. Eksponensial, vol. 9, no. 1, pp. 85–94, 2018

G. Walundungo, M. Paendong, and T. Manurung, “Penggunaan Analisis Multidimensional Scaling Untuk Mengetahui Kemiripan Rumah Makan Di Manado Town Square Berdasarkan Kerakteristik Pelanggan,” d’CARTESIAN, vol. 3, no. 1, p. 30, 2014, doi: 10.35799/dc.3.1.2014.3806.

J. Nahar, “Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan Sarana Kesehatan di Jawa Barat,” J. Mat. Integr., vol. 12, no. 1, p. 43, 2016, doi: 10.24198/jmi.v12i1.10283.

K. Vehkalahti and B. S. Everitt, Multivariate Analysis for the Behavioral Sciences Second Edition, 2nd ed. CRC Press, 2019.

N. Agustin, F. Fatimah, and Nursaidah, “Analisis Positioning Smartphone Berdasarkan Persepsi Konsumen,” J. Manaj., 2020, doi: 10.26460/jm.v5i1.182.

A. Z. Wattimena, E. R. Persulessy, and M. J. Masbaitubun, “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Kamera Ponsel Samsung Berdasarkan Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling,” Barekeng J. Ilmu Mat. Dan Terap., vol. 12, no. 1, p. 63, 2018, doi: 10.30598/vol12iss1pp63-70ar365.

Gizmodo. (2020, September 10). Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2020/09/10/10010047/inilah-15-fitur-baru-yang-hadir-di-android-11?page=all. Diakses pada tanggal 30 September 2021.

Hanum, Z. (2021, Maret 07). Retrieved from https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakansmartphone

2021-04

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Setiawan, A. ., & Setiawan, A. . (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Positioning Smartphone Berdasarkan Alasan Pembelian. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 28–33. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.71