Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Aktivitas Belanja Online Mahasiswa Jawa Barat di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.1234/pns.v10i.88Keywords:
E-Commerce, Mahasiswa, Belanja Online, Survei, StratifikasiAbstract
Pada masa pandemi saat ini, hampir semua kebutuhan kita, baik primer maupun sekunder dapat terpenuhi dengan mudah menggunakan layanan online. Hal ini dikarenakan masyarakat saat ini ingin hidup lebih praktis, mendapatkan pelayanan yang cepat dan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh produk yang dibutuhkan. Berbagai kemudahan yang ditawarkan itulah yang membuat masyarakat tertarik menggunakan e-commerce. Diantara semua kelompok masyarakat yang tertarik dengan belanja online, terdapat kelompok mahasiswa yang dianggap menjadi pengguna yang aktif berbelanja online dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan digital dengan baik. Kejadian ini menarik perhatian peneliti karena aktivitas belanja online selama pandemi semakin meningkat dibandingkan sebelum pandemi. Peneliti ingin melihat perubahan intensitas belanja online mahasiswa yang ada di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari survei melalui metode Stratified Random Sampling. Pembagian wilayah di Jawa Barat terbagi menjadi 4 klaster yang dibuat berdasarkan wilayah Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan dari Provinsi Jawa Barat. Hasil survei dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi gamma untuk melihat perubahan intensitas belanja online mahasiswa yang ada di Jawa Barat. Hasil pembahasan dan kesimpulan menunjukan bahwa baik sebelum dan selama pandemi, frekuensi belanja online memiliki hubungan yang sangat kuat dengan rata-rata pengeluaran belanja online, semakin sering melakukan belanja online atau sering mengakses aplikasi ecommerce maka semakin tinggi pula rata-rata pengeluaran belanja online, dan jika penggunaan e-commerce meningkat, maka pengeluaran belanja online juga meningkat.
Downloads
References
Perubahan, A., Konsumen, P., Pada, E. S., Silalahi, F., & Chaniago, H. 2021. International Journal Administration , Business & Organization. 2(1).
Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Aini, N. 2021. ANALISA TRANSAKSI BELANJA ONLINE PADA MASA PANDEMI. 15(1), 32–37.
Indonesia, D. 2. (2020). DATAREPORTAL.
Apjii.or.id. (2020). Penetrasi pengguna internet di Indonesia.
Case, T., Burns, O., & Dick, G. (2001). Drivers of On -Line Purchasing Among U.S. University Students. Seventh Americas Conference on Information Systems. 7, pp. 873-878. United Stated: Americas Conference on Information Systems.
Sulaiman, N. N., & Purwoko, B. (2021). Hubungan Antara Self Efficiacy dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Selama Pandemi Covid-19. Jurnal BK UNESA, 12(2), 5–9.
Kasus, S., Syarif, U. I. N., & Jakarta, H. (2013). Pengaruh orientasi belanja dan gender differences terhadap pencarian informasi online dan belanja online.
Kriesniati, P., Yuniarti, D., & Nohe, D. A. (2013). SISWA-SISWI SMP PLUS MELATI SAMARINDA Somers ’ d Correlate Analysis on The Data Comfortable Level of Students in Plus Melati Samarinda Junior High School. 7(2), 31–40.
Putri Amir, D., Iryani, D., & Isrona, L. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 139–144.
https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.458
Sonza, T., Badri, I. A., & Erda, R. (2020). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Tingkat Kemandirian Activities of Daily Living Pada Lansia. Human Care Journal, 5(3), 688. https://doi.org/10.32883/hcj.v5i3.818
Tanaka, J. (2018). Pengaruh Tingkat Str es dengan Tingkat Keparahan Akne Vulgaris pada SiswaSiswi Kelas III SMA Sutomo 2. Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 E-Prosiding Nasional | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.