Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia

Authors

  • Jessica Jesslyn Cerelia Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Aldi Anugerah Sitepu Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
  • Toni Toharudin Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.1234/pns.v10i.91

Keywords:

Learning Loss, Pendidikan, Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19, Pemetaan

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mendunia ini telah mengakibatkan tantangan baru bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia, terutama di sektor pendidikan. Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan bentuk adaptasi agar pendidikan tetap terselenggara di tengah darurat pandemi. Salah satu dampak pelaksanaan PJJ yang dikhawatirkan adalah terjadinya learning loss, yaitu situasi dimana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan karena kondisi tertentu sehingga mengakibatkan penurunan penguasaan kompetensi peserta didik (The Education and Development Forum, 2020). Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji dampak dari adanya pandemi Covid-19 terhadap hilangnya kesempatan pembelajaran tatap muka di Indonesia serta peluang menurunnya kompetensi capaian belajar dengan melihat daerah yang memiliki risiko learning loss paling tinggi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari berbagai sumber. Dengan terjadinya kesenjangan capaian pembelajaran akibat learning loss, maka perlu adanya pemetaan untuk mengetahui daerah yang memiliki risiko paling tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daerah yang memiliki risiko learning loss paling tinggi akibat dari pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 adalah beberapa daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Diharapkan pemerintah dapat menyikapi situasi ini dengan memberikan perhatian lebih pada daerah yang memiliki situasi learning loss tinggi yakni dengan menunjang sarana prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara merata di seluruh wilayah Indonesia agar tidak terjadi kesenjangan capaian pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. 1(1).

Aprilia, Tiyas. (2021). Risiko Learning Loss Menghantui Peserta Didik di Masa Pandemi. Online. (https://www.majalahsuarapendidikan.com/2021/02/risiko-learning-loss-menghantui-peserta.html)

A. Wilder-Smith MD, D.O. Freedman MD. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 2020, 2. doi: 10.1093/jtm/taaa020.

Awwaabiin, Salma. 2021. Penelitian Deskriptif: Pengertian, Kriteria, Metode, dan Contoh. Diakses pada 30 Oktober 2021, dari

https://penerbitdeepublish.com/penelitian-deskriptif/#3_Hidayat_2010

Badan Pusat Statistik. (2020). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia Pada Tahun 2020 Mencapai 71,94. Bps, (97), 4. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/12/15/1758/

Basar, A. M. (2021, January). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2.

BPS. (2020). Information and Communication Technology Development Index (IP-ICT) 2020 (Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) 2020), 12(95), 1–8. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/12/15/1750/indeks-pembangunan-teknologi-informasi-dan-komunikasi--ip-tik--indonesia-tahun-2019-sebesar-5-32-pada-skala-0---10.html#:~:text=Indeks

Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) merupakan,dig

Dimas, R. A., & Soeryanto. (2021, August 16). PELUANG MENURUNNYA CAPAIAN HASIL BELAJAR (LEARNING LOSS) DAN ALTERNATIF SOLUSINYA: KAJIAN KASUS PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DI JURUSAN TEKNIK MESINUNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, X. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/42617

Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168–175. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne

Hambatan, M., & Jarak, P. (2020). Indonesia di Masa Krisis Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Olivia, S., Gibson, J., & Nasrudin, R. (2020). Indonesia in the Time of Covid-19. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(2), 143–174. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1798581

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010

Rahma Ainul Mardiyah, R. N. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Anak. Harian Spektrum, 2, 1–11. https://spektrumonline.com/2020/11/11/dampak-pandemi-covid-19-multidimensi/

Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Tosepu, R., Gunawan, J., Savitri, D., Ode, L., Imran, A., & Lestari, H. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information. Science of the Total Environment, (January).

Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and Strategy for Distance Learning to Respond COVID-19 Pandemic in Indonesia. Ingenierie Des Systemes d’Information, 25(3), 383–390. https://doi.org/10.18280/isi.250314

Whitehead, M., Taylor-robinson, D., & Barr, B. (2021). Poverty , Health , and Covid-19 Yet Again, Poor Families Will be Hardest Hit byTthe Pandemic’s Long Economic Fallout. BMJ, 372(n376). https://doi.org/10.1136/bmj.n376 .

Yarrow, N., Masood, E., & Afkar, R. (2020). Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia. Estimates of COVID-19 Impacts on Learning and Earning in Indonesia, (August). https://doi.org/10.1596/34378

Yudhistira, S., & Murdiani, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Kendala dalam Belajar dan Kelelahan Akademik. MAARIF Institute, 373–393

Yustika, G. P., Subagyo., A, Iswati, S. (2019). Masalah yang dihadapi dunia pendidikan dengan tutorial online: Sebuah short review. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 187-198

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Jesslyn Cerelia, J. ., Anugerah Sitepu, A. ., & Toharudin, T. . (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 10, 27. https://doi.org/10.1234/pns.v10i.91