Dampak Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Terhadap Kasus Covid-19 di DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.1234/pns.v10i.98Keywords:
pertemuan tatap muka, kasus covid-19, analisis regresi berganda, DKI JakartaAbstract
Provinsi DKI Jakarta sudah mulai memberlakukan kembali sekolah tatap muka yang dilaksanakan di daerah dengan level PPKM 1 sampai 3 mulai tanggal 30 Agustus 2021. Alasan pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka untuk menghindarkan generasi muda dari penurunan pencapaian (learning loss). Namun, nampaknya keputusan ini bukan merupakan hal yang tepat. Beberapa media massa mengabarkan bahwa terdapat klaster Covid-19 di lingkungan sekolah yang muncul akibat pembelajaran tatap muka (PTM) ini. Hal ini menarik perhatian peneliti karena pemberlakuan kembali sekolah tatap muka disertai dengan adanya pro dan kontra terhadap kebijakan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin melihat apakah pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di sekolah pada setiap wilayah administrasi di Provinsi DKI Jakarta tepat untuk dilakukan di masa PPKM pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan dengan sumber data sekunder dimana data yang diperoleh sudah diolah dari situs Covid-19 DKI Jakarta corona.jakarta.go.id. dengan menggunakan metode penelitian analisis regresi berganda yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran tatap muka terhadap kasus positif Covid-19. Pengujian meliputi uji asumsi klasik analisis regresi, uji signifikansi, koefisien determinasi, dan pembuatan model regresi. Hasil dari pengujian secara statistik menunjukkan bahwa ada hubungan linear yang positif antara variabel independen dan variabel dependen.
Downloads
References
Astriawati, Ningrum. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan terhadap Efektifitas Belajar Taruna di Akademi Maritim Yogyakarta. Bahari Jogja, XIV(23), 35-36.
Dwi Krismaroca, Alfi. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanganan Pencegahan Covid-19 DiDesa Tawangsari Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Skripsi (S1) Thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Janie, Dyah Nirmala Arum. 2012. Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang. Semarang University Press.
Padilah, Tesa Nur. dan Reza Ibnu Adam. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi di Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 120-122.
Sudiro, Achmad. 2012. MODUL 6 METODOLOGI PENELITIAN BISNIS. http://achmadsudirofebub.lecture.ub.ac.id/2012/02/modul-6-metodologi-penelitian-bisnis/ (diakses tanggal 27 Oktober 2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 E-Prosiding Nasional | Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.